VMTS Kom

Program studi Komunikasi didirikan berdasarkan SK Nomor 0309/0/1981 Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, tanggal 24 Oktober 1981.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Pada tahun 2026 menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan dan seni di bidang Komunikasi Digital Kreatif yang menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan.

Misi

  1. Mengembangkan proses pembelajaran Ilmu Komunikasi dengan penekanan pada pembentukan jiwa kewirausahaan di bidang komunikasi digital kreatif. 
  2. Mengembangkan penelitian bidang Ilmu Komunikasi untuk menghasilkan karya ilmiah bereputasi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk pemberdayaan manusia yang berjiwa kewirausahaan di bidang Ilmu Komunikasi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi, memiliki kecakapan sosial, menghargai keragaman budaya, berjiwa kewirausahaan di bidang komunikasi digital kreatif, utamanya bidang digital journalism, digital public relations, creative broadcasting, dan creative marketing communication.
  2. Menghasilkan temuan untuk pengembangan ilmu komunikasi yang terpublikasi pada jurnal bereputasi.
  3. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan mengimplementasikan ilmu komunikasi kreatif melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat..

Strategi

Program Studi Ilmu Komunikasi  Universitas Slamet Riyadi diselenggarakan dengan sasaran menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Peka terhadap permasalahan ilmu komunikasi di masyarakat dengan tetap berpegang pada nilai – nilai etika profesi.
  2. Memiliki integritas dan komitmen yang tinggi terhadap profesi yang ditekuni.
  3. Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu, ketrampilan dan seni komunikasi untuk mendukung keberhasilan kegiatan dan pekerjaan pada profesinya yang menjadi pilihannya.
  4. Memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan di bidang komunikasi sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masalah ketenagakerjaan dalam masyarakat.

Strategi Pencapaian :

  1. Meningkatkan kompetensi dosen di bidang komunikasi digital kreatif, melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi dosen, praktisi mengajar dan menyediakan tempat magang MBKM terverifikasi.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian terintegrasi mata kuliah yang terpublikasi pada jurnal bereputasi, setiap dosen minimal satu tahun satu publikasi.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan  ilmu komunikasi kreatif hasil penelitian dosen yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

NILAI KEKHASAN PROGRAM STUDI

Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki budaya organisasi  mengacu pada Sembilan Nilai Slamet Riyadi yang harus dipegang teguh seluruh dosen. Bagi mahasiswa juga ditanamkan nilai-nilai Entrepreneur antara lain: kreatif, inovatif, berani menghadapi resiko, disiplin, memiliki etika dan norma yang baik, serta bertanggungjawab .

Profil Lulusan

  • Pelaksana Program Komunikasi: memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk merealisasikan sebuah program komunikasi, yang meliputi tahap: perencanaan, implementasi, evaluasi kegiatan, dan pelaporan.
  • Pengembang Media: memiliki kemampuan untuk menuangkan/menyampaikan dan menerjemahkan gagasan ke dalam berbagai format media, yang meliputi: perancangan pesan, proses produksi, dan publikasi.
  • Pelaksana Penelitian Komunikasi: memeliki pengetahuan dan ketrampilan untuk melakukan penelitian masalah komunikasi dengan berbagai metode penelitian, yang meliputi tahap perencanaan penelitian, pengumpulan data, analisis data, penyusunan laporan, dan mempublikasikan hasilnya.

Capaian Pembelajaran

Rumusan Sikap:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Ketrampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tingg;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagias

Pengetahuan Khusus:

  1. Memahami konsep/teori komunikasi dalam berbagai level (interpersonal, kelompok, organisasi, massa) dan berbagai konteks komunikasi.
  2. Memahami konsep/prinsip yang terkait dengan etika komunikasi dan peraturan perundangan yang berlaku untuk bidang komunikasi/media.
  3. Memahami konsep, prinsip dan prosedur penelitian tentang isu/masalah komunikasi dengan berbagai metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya.
  4. Memahami konsep, prinsip, dan pengetahuan tentang proses dalam suatu aktivitas produksi media.
  5. Memahami konsep, prinsip, dan pengetahuan untuk melaksanakan suatu program komunikasi untuk berbagai tujuan komunikasi.
  6. Memahami konsep/pengetahuan mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

Ketrampilan Khusus:

  1. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis isu/masalah komunikasi berdasarkan konsep/teori teori komunikasi yang relevan.
  2. Mampu melakukan aktivitas penelitian dengan berbagai metode mengenai isu/masalah komunikasi, yang meliputi tahap: penyusunan rencana penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan serta publikasi laporan hasil penelitian.
  3. Mampu melakukan aktivitas produksi media, yang meliputi: perencanaan, pengumpulan materi/bahan, produksi isi, dan penyebarluasan isi, dengan mengacu kepada etika, kode etik profesi, dan peraturan perundangan yang relevan.
  4. Mampu menyelenggarakan program komunikasi yang mencakup tahap perencanaan, implementasi, evaluasi, dan menyusun laporannya untuk mencapai tujuan dalam berbagai bidang.